Wednesday 24 September 2008

Jatuh Bangun Hidup ini di sikapi dengan Iktiar dan doa


Ada sebuah cerita tentang seorang petani yang menangkap seekor gajah kecil di ladangnya. kemudian gajah kecil tadi dipelihara petani tersebut dan diikat kakinya dengan seutas tali yang cukup besar di sebuah pohon bambu, hari kehari gajah tersebut selalu berusaha menarik narik kakinya yang terikat agar dapat membebaskan diri, tapi usaha gajah tersebut tidak juga berhasil.
Tampa terasa gajah tersebut makin membesar, dan dia masih terikat pada sebatang bambu, namun lama kelamaan keinginan gajah tersebut untuk membebaskan diri telah hilang .Padahal secara logika setelah bertahun tahun terikat pada bambu yang kecil tersebut dibandingkan dengan besar badannya sekarang, dengan sekali hentak saja dia bisa bebas. Namun dalam benak gajah tersebut sudah tertanam kata gagal.dan tidak mungkin lagi dapat dilakukannya.

Apa Hikmah dari cerita diatas, bahwa kehidupan manusia yang penuh dengan cobaan, terkadang kita jatuh bangun, kita sudah merasa gagal, padahal kehidupan ini adalah perjalanan panjang yang penuh dengan iktiar, yang harus dibarengi dengan motivasi, optimisme, dan doa karenanya tidak boleh menyerah.
Manusia bukan gajah, manusia diberikan akal dan hati, betapapun cobaan yang diberikan Allah pasti telah terukur, karena tidak ada cobaan yang melebihi kemampuan kita. La Yukalifullahu nafsan illa wus'aha.

No comments: