Saturday 1 November 2008

Rasa syukur dapat menurunkan hormon stress dalam tubuh kita



Dalam Hadist, diceritakan betapa Nabi kita begitu bersyukur dalam menjalankan kehidupannya, betapa cinta Ia kepada Umatnya, betapa sabar Ia menghadapi kezholiman umatnya. Dan kita patut mencotoh Nabi.

1.)Dari aisyah ra. ia berkata ; sesungguhnya nabi saw selalu bangun untuk mengerjakan salat malam sampai kedua kakinya bengkak,Aisyah bertanya ; wahai rasulullah mengapa engkau berbuat demikian , sedangkan Allah telah mengampuni semua dosamu baik yang telah lampau maupun yang akan datang ? ;Beliau menjawab 'apakah tidak sepantasnya jika aku menjadi seorang hambah yang slalu bersyukur (HR bukhari dan muslim)

2. Dari annas ra ia berkata rasulullah saw bersabda ; Sesungguhnya Alloh sangat ridha kepada orang yang apabila makan ia memuji kepada - Nya atau apabila minum ia memuji kepada Nya karena merasa telah mendapatkan rahmat (Hr Muslim)

Menurut penelitian bahwa hormon stress dapat diturunkan dengan rasa syukur yang ada pada kita, kita iklash menerima kehidupan ini sebagai amanah dari Allah SWT.
Hormon stress yang sering disebut sebagai biang keladi timbulnya banyak penyakit bernama kortisol. kortisol dalam darah meningkat sebagai upaya tubuh mengantisipasi timbulnya tekanan yang timbul dalam menghadapi keadaaan yang menjadi beban pikiran dan kekawatiran kita.

kekawatiran akan hidup susah, ditinggal pasangan, pekerjaan, membuat hipotalamus otak kita merangsang hipofisis mengeluarkan ACTH, dan ACTH merangsang anak ginjal mengeluarkan Kortisol. hormon kortisol akan bekerja diseluruh organ tubuh kita dengan meningkatkan denyut jantung, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan kesiagaan otak kita sehingga kita sulit tidur, mempengaruhi organ reproduksi kita sehingga mengurangi libido bahkan menyebabkan kemandulan.

Shalat tahajud secara siknifican dapat menurunkan jumlah hormon kortisol yang ada dalam tubuh, shalat yang dilakukan dengan khusuk dan rasa syukur dalam hati dapat menurunkan hormon stress tadi dalam tubuh, jadi buat apa kita stress, hidup ini sudah ada takarannya, jadi dengan iktiar dan doa maka insyaAllah kita akan terhindar dari penyakit fisik dan hati.

Perbanyaklah kita membaca doa meminta kemudahan kepada Allah " Al-Baqarah ayat 286
Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

No comments: